Minggu, 19 Mei 2019

GALERI MIND MAPING - PEMBELAJARAN DI KELAS SANGAT MENYENANGKAN


GALERI MIND MAPING
PEMBELAJARAN DI KELAS SANGAT MENYENANGKAN

Di kelas 5C, UPT SDN Ditotrunan 01 Kecamatan Lumajang bersama bapak Krisna Hadi, S.Pd. akan memberikan pembelajaran yang bisa dipraktekkan di kelas anda.




Setiap hari, pembelajaran sudah kami lakukan dengan berbagai metode dan berbagai media alat peraga. Namun dengan kegiatan yang monoton (yang selalu itu-itu saja) akan dapat memberikan tingkat kebosanan kepada anak didik di kelas. Sehingga anak-anak akan merasa jenuh dan tidak bisa menerima materi pembelajaran dengan baik dan maksimal.






Tingkat kebosanan itu bisa di hilangkan dengan menggunakan cara ini, yaitu dengan cara GALERI MIND MAPING. Mungkin dengan cara ini bisa memberikan nuansa baru bagi anak agar tidak bosan di kelas. Galeri diartikan sebagai sebuah pameran produk hasil kerja kelompok. Mind Maping diartikan sebagai  pembuatan peta konsep yang dikemas sedemikian rupa oleh kelompok yang sudah dihias dengan berbagai ornament sesuai dengan kesukaan anak-anak.

Awalnya, siapkan lembar kertas manila berwarna dibagi menjadi 4 bagian dan dipotong. Buatlah materi yang akan dikembangkan oleh anak sehingga anak mampu  mendeskripsikan benda atau sesuatu yang berasal dari pikiran anak-anak sendiri. Buat kelompok yang terdiri atas 4 – 6 anak. Siapkan beberapa alat tulis dan pewarna untuk memberi warna dan beberapa ornament yang lain.

Selanjutnya, setelah jadi salah satu anak kan menjelaskan dengan mempresentasikan karyanya pada dinding-dinding pilar kelas. Untuk anggota kelompok yang lain berkeliling mencari materi di beberapa kelompok lainnya. Yang bertugas presentasi memberikan pemaparan atas hasil kerja kelompoknya. Secara bergiliran anggota kelompok berpindah secara bergiliran sesuai petunjuk guru.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba !








Jangan lupa di komen ya !

3 komentar:

  1. Sangat inspiratif. Mantap !!

    BalasHapus
  2. Mohon maaf Pak Krisna, mind maping kalau diartikan dalam bahasa Indonesia mind=pikiran, maping=pemetaan. Jadi yang bapak lakukan sepertinya lebih pada peta pikiran, bukan peta konsep. Kalau peta konsep (consept map), kegiatanyya adalah mewakilkan sebuah konsep pada sebuah gambar atau obyek.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas informasinya. saya juga mohon maaf jikalau ada kekeliruan. jadi tambah ilmu nich.

      Hapus